Datangnya 5G Di Indonesia Turunkan Harga Data 9 Kali Lebih Murah

0
51
Datangnya 5G Di Indonesia Turunkan Harga Data 9 Kali Lebih Murah
Ilustrasi 5G / Foto TYN Magazine

BENARAJA.COM, JAKARTA – Datangnya 5G Di Indonesia Turunkan Harga Data 9 Kali Lebih Murah. Meski terbilang masih belum rampung dalam mengimplementasikan 4G pada seluruh pelosok Indonesia, namun pemerintah kini dari segi vendor dan operator sudah memiliki pekerjaan rumah baru yaitu jaringan Generasi Kelima (5G).

Diungkap oleh President Director Ericsson Indonesia, Jerry Soper, generasi 5G pada saat ini sudah hadir di Indonesia dan sedang ramai menjadi pembahasan di dunia.

“5G sudah di sini. Happening di seluruh dunia. Pada 2019 ini 5G akan live dan meningkat (implementasi) di dunia,” jelasnya, Kamis (25/4).

Dijelaskan lebih lanjut, Jerry mengungkap bahwa dengan hadirnya 5G, maka peningkatan akan terjadi pada berbagai sektor. Target 2024, akan terjadi peningkatan trafik mobile data hingga lima kali lebih besar. “Selain itu, 25 persen dari trafik mobile data akan dibawa oleh 5G. Trafik akan didominasi 5G,” imbuhnya.

Dalam pemaparannya, Jerry menjelaskan tiga poin utama yang menjadi perhatian setiap operator seluler. Hal pertama ialah mencakup pertumbuhan trafik mobile data yang di ikuti dengan turunnya harga per kilobyte. “Harga bisa turun 9 kali lebih murah dengan teknologi 5G,” jelas Jerry.

Poin yang kedua yakni Operator lebih bisa mengatur operational expenditure (OPEX) serta efisiensi operasi dengan implementasi 5G. Sebab teknologi yang ditawarkan oleh jaringan Generasi kelima tersebut mampu membuat energi lebih efisien.

Sedangkan untuk poin ketiga, adanya peningkatan pada seluruh teknologi, maka operatir bisa melakukan pengamanan pada pertumbuhan pendapatan. “Ini menjadi salah satu terpenting untuk operator,” tegas Jerry.

Meski penerapan 5G sudah siap untuk digelar, namun Jerry juga tidak menampik bahwa tetap membutuhkan dukungan 4G. Dalam hal ini pihaknya mengklaim bahwa telah memiliki beberapa teknologi, yang sangat memungkinkan bagi operator untuk bisa menjalankan 4G dan 5G dalam band spektrum yang sama.

BACA JUGA:  Serangan Terus Datang Untuk Membuat Situs KPU Tumbang

Bersamaan dengan itu, Direktur Penataan Sumber Daya Kementerian Komunikasi dan Informatika, Denny Setiawan mengungkap, bahwa saat ini pihak regulatir sedang melakukan studi guna mengetahui kebutuhan dan persiapan 5G. Sebab implementasi 5G masih mengalami banyak kendala dan tantangan, terutama dari segi kebutuhan spektrum hingga regulasi.

“Kami belum tahu kapan. Insyallah,, mungkin setahun dua tahun lagi,” ucap Denny.

Ditambahkan pula, Denny menjelaskan bahwa sangat dibutuhkan task force dari berbagai pihak supaya bisa segera mewujudkan implementasi 5G di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.