Denpasar Dipuji Dunia Karena Jaga Warisan Asli Bali

0
42
Denpasar Dipuji Dunia Karena Jaga Warisan Asli Bali
source foto : Shutterstock

BENARAJA.COM, DENPASAR – Denpasar Dipuji Dunia Karena Jaga Warisan Asli Bali. Seperti diketahui, Denpasar selalu menjaga kelestarian dari situs, sejarah, cagar budaya dan warisan asli disana. Tak ayal hal tersebut menjadikan kota Denpasar memperoleh pujian dari dunia Internasional.

Diungkap oleh Ketua Panitia Organitation World Heritage City (OWHC), Gusti Ngurah Eddy Mulya yang saat ini sedang digelar di Bali. Dari keterangan tertulis menjelaskan bahwa semangat Kota Denpasar secara berkelanjutan akan terus berupaya supaya bisa menyelamatkan cagar budaya. Termasuk salah satunya ialah Kota Pusaka yang kedepannya cagar budaya tersebut bisa terus diperkuat esensinya dan mampu menyelamatkan peradaban dunia.

“Konferensi ini ditujukan untuk pengembangan jaringan kemitraan di antara kota warisan budaya dunia untuk dapat berbagi pengalaman, bertukar gagasan dalam memperkuat warisan budaya sebagai penyelamat dasar wisata budaya dan memperkuat peradaban di masa depan,” jelasnya, Selasa 30 April 2019.

Disisi lain, Wali Kota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra memberikan sambutan baik karena dipilihnya Kota Denpasar sebagai tuan rumah untuk menyelenggarakan Konferensi OWHC Euroasia IX Tahun 2019. Hal tersebut tentu menjadi momentum untuk seluruh stakeholder Kota Denpasar, khususnya yang bergerak pada bidang pariwisata budaya.

“Hal ini tentu harus dimanfaatkan oleh seluruh stakeholder untuk memperkenalkan Kota Denpasar di kancah dunia tentang berbagai potensi pariwisata budaya,” ucap Rai Mantra.

Rai Mantra juga menambahkan bahwa momentum tersebut juga harus menjadi tonggak dalam memperkuat warisan budaya. Salah satunya sebagai elemen penting dalam mengembangkan sektor pariwisata.

“Momen internasional ini tentunya dapat menjadi momentum untuk memperkuat kebudayaan dan kearifan lokal di Kota Denpasar sebagai heritage city, dan warisan budaya yang tangguh merupakan modal utama dalam pengembangan Heritage Tourism,” imbuh Rai Mantra.

BACA JUGA:  Sekolah Ini Adakan Wisata Tanpa Ponsel Karena Muridnya Kecanduan Internet

Dalam hal ini, tindakan yang dilakukan oleh pemerintah dan stakeholder untuk Denpasar memperoleh pujian dari dunia luar. Hal itu diakui oleh Sekjen OWHC, Denish Richard yang didampingi oleh Sekjen UcLG Eurasia Cordinator of OWHC, Rasikh Sagitov. Mereka mengaku bangga dengan pelaksanaan OWHC di Bali, Denpasar. Hal tersebut juga tidak lepas dari komitmen Pemkot Denpasar untuk melestarikan warisan budaya, serta berharap warisan tersebut bisa tetap lestari.

“Setiap kota beserta seluruh jajaran pimpinan memiliki kewajiban untuk ikut menjaga warisan budaya, Heritage dan tourism itu penting, saya sangat bangga dengan hal itu, kota ini sangat konsisten dengan tuorism heritage, sehingga hal ini dapat menjadi wahan edukasi peradaban di masa depan,” ungkap Denish.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.