Para Hacker Target Akun Youtuber Melalui Email

0
39
Para Hacker Target Akun Youtuber Melalui Email
Logo Youtube / Foto : Istimewa

BENARAJA.COM, JAKARTA – Para Hacker Target Akun Youtuber Melalui Email. Diketahui bahwa saat ini para pelaku kejahatan siber sedang mengincar akun para youtuber yang ingin melakukan monetisasi pada videonya. Hal ini terjadi setelah mereka mengincar akun Instagram dan Twitter.

Seperti yang diketahui, saat ini Youtube menerapkan kebijakan dengan beberapa hal diberlakukan bagi para creator video youtube yang ingin bisa menampilkan iklan pada videonya. Syarat tersebut mencakup dengan diharuskan mempunyai 1.000 pengikut dan juga memiliki 4.000 jaam tayangan dari keseluruhan waktu tonton pengunjung selama 12 bulan terakhir. Dengan demikian akun tersebut baru bisa menayangkan iklan.

Oleh karena ketatnya persyaratan tersebut, sangat tidak heran jika sebagian besar pengguna Youtube menganggap bahwa pemberitahuan yang diterima pada email, khususnya terkait ulasan akun akan dianggap benar.

Sekedar untuk diketahui, banyak sekali pihak yang tidak bertanggung jawab mengirimkan pesan pada para pemilik akun Youtube. Email tersebut berisi dengan pemberitahuan untuk segera melakukan evaluasi terkait pemintaan monetisasi pada saluran youtube tersebut.

Dari segi yang terdampak, informasi yang diminta oleh para phisher mencakup URL saluran beserta dengan kata sandi akun. Dan menurut dari keterangan dari Youtuber yang sudah terkena dampak, pemberitahuan palsu muncul pada email publik mereka dan bukan pada alamat yang digunakan untuk menautkan pada saluran Youtube.

Nah baru setelah itu, phisher yang sudah mendapatkan data, akan melakukan percobaan untuk mengambil alih akun yang tertarget. Pada kesempatan ini, akan dipergunakan sebaik mungkin untuk melakukan penipuan pada para pengikut pada akun tersebut.

Beberapa penipuan yang umumnya dijalankan oleh iklan phising tersebut mencakup promosi hadiah palsu, pengumuman hadiah kontes berhadiah, serta beberapa skenario lain yang membawa nama dari sang pemilik akun.

BACA JUGA:  Serangan Terus Datang Untuk Membuat Situs KPU Tumbang

Pada keterangan tertulis yang sudah diterbitkan oleh Kaspersky, Jumat (10/5/2019), dihimbau bagi para pemilik akun untuk bisa mengingat bahwa Youtube tidak akan pernah meminta kata sandi akun melalu email.

Dalam hal ini, langkah yang bisa diambil ialah dengan memeriksa keseluruhan pesan sebelum membalas email tersebut. Serta aktifkan otentikasi dua faktor untuk akun. Fitur ini ditawarkan oleh Google untuk semua akun dalam opsi pada setiap aplikasi dan layanannya. Tidak terkecuali juga akun Youtube.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.