China Melakukan Pemblokiran Total Pada Situs Wikipedia

0
34
China Melakukan Pemblokiran Total Pada Situs Wikipedia
Wikipedia Bahasa China / Foto : Screenshoot - zh.wikipedia.org

BENARAJA.COM, JAKARTA – China Melakukan Pemblokiran Total Pada Situs Wikipedia. Seperti yang sudah ramai diberitakan belakangan ini, China dilaporkan sudah memperluas pemblokiran yang mereka lakukan terhadap Wikipedia. Hal tersebut bisa diketahui dari adanya temuan dari peneliti sensor internet.

Saat ini, seluruh versi bahwa dari situs Wikipedia sudah tidak bisa lagi diakses di Negeri Tirai Bambu tersebut. Meski sebelumnya hanya dilakukan pemblokiran dengan versi Bahasa Chinaa saja, namun saat ini negara uang di pimpin oleh Xi Jinping tersebut sudah memblokir sepenuhnya dari keseluruhan versi bahasa.

Organisasi dibalik Wikipedia, yakni Wikimedia mengaku bahwa pihaknya tidak mendapat imbauan apa-apa dari pemerintah China terkait dengan pemblokiran tersebut. Mereka hanya bisa memastikan kebenaran dari temuan para peneliti sensor internet tersebut.

Menurut keterangan yang dikutip dari BBC, Rabu (15/5/2019), Wikimedia memberikan kepastian terkait Wikipedia yang tidak bisa diakses di China. Hal tersebut diungkapkan setelah para analisis internal mereka memberikan laporan trafik.

“Pada akhir April, Wikimedia Foundation memastikan bahwa Wikipedia tak lagi bisa diakses di China. Setelah melakukan analisis lebih lanjut pada laporan trafik internal kami, kami dapat memastikan bahwa Wikipedia saat ini diblok pada seluruh versi bahasa,” jelasnya, menurut yang dikutip dari BBC, Rabu (15/5/2019).

Sebelumnya, China memang sempat beberapa kali dilaporkan telah memblokir Wikipedia. Serta dalam hal ini mereka juga mempunyai situs dengan platform yang sama dengan situs tersebut.

Jika ditelusuri lebih lanjut, situs milik China tersebut bernama The Encyclopedia of China. Situs tersebut memaparkan isi yang terfokus pada ilmu pengetahuan, budaya, sejarah, dan juga pencapaian teknologi yang telah dilakukan oleh negara tersebut. Diketahui juga bahwa website tersebut sudah mulai operasi terhitung sejak tahun 2018 lalu.

BACA JUGA:  Pelatih Barcelona Tidak Bisa Komentar Dengan Prestasi Lionel Messi

Diketahui pemblokiran Wikipedia tersebut tidak hanya terjadi di China, namun Turki dan Venezuela juga melakukan ha yang serupa. Secara beruntun mereka menerapkan pemblokiran tersebut pada tahun 2017 dan 2018.

Terlepas dari itu, pada 2014 lalu, Rusia juga sudah mengumumkan versi alternatif dari Wikipedia. Salah satu tujuannya ialah untuk memberikan informasi yang lebih baik tentang negara yang di pimpin oleh Vladimir Putin tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.