OS Huawei Klaim Telah Siap Gantikan Android Tahun Ini

0
28
OS Huawei Klaim Telah Siap Gantikan Android Tahun Ini
Huawei P20 Pro / Foto : Amazon

BENARAJA.COM, JAKARTA – OS Huawei Klaim Telah Siap Gantikan Android Tahun Ini. Ramai diperbincangkan bahwa beberapa waktu lalu Huawei sempat mengeluarkan pengumuman rencana untuk mengembangkan sistem operasi sendiri jika pihaknya tidak bisa lagi menggunakan OS dari Google (Android) di smartphone ataupun microsoft di PC. Rencana tersebut merujuk pada pembatasan Amerika Serikat (AS) yang telah melarang perusahaan asal China tersebut bekerja sama dalam kategori teknologi.

Seperti yang diketahui, pihak Huawei mau tidak mau harus meninggalkan Android dan menyatakan bahwa sistem operasinya akan siap pada tahun ini. Hal tersebut diungkap langsung oleh Richard Yu selaku CEO of Consumer Business Group Huawei.

Dirinya menjelaskan bahwa OS tersebut akan sepenuhnya siap pada Kuartal IV 2019 di China. Sedangkan untuk pasar luar negeri, OS tersebut akan mulai tersedia pada kisaran Kuartal I atau Kuartal II tahun 2020.

Dijelaskan lebih lanjut, Yu juga mengungkap bahwa toko aplikasi milik Huawei, App Gallery juga akan tersedia. App Gallery sendiri menjadi aplikasi bawaan pada perangkat Huawei. Meski nyatanya para penggunanya lebih mengandalkan adanya Google Play Store di perangkat mereka.

Namun Yu menyebut bahwa Huawei hingga saat ini masih mempunyai komitmen untuk menggunakan Windows dari Microsoft dan Android dari Google. Akan tetapi, hal tersebut masih termasuk pada rencana B jika memang mereka tidak lagi bisa menggunakan OS dari Google.

Yu juga menegaskan rencana B hanya akan digulirkan jika pihaknya sudah secara permanen diblokir untuk bisa menggunakan produk dari Google dan Microsoft. “Kami tidak ingin melakukan ini, tapi kami akan terpaksa untuk melakukannya karena (keputusan) dari pemerintah Amerika Serikat,” jelasnya.

Terlepas dari itu, ia juga mempunyai pendapat bahwa keputusan Amerika Serikat untuk memasukkan Huawei pada daftar hitamnya tidak hanya akan mempunyai dampak buruk pada perusahaan. Namun kebijakan tersebut juga akan mempunyai pengaruh negatif terhadap perusahaan asal Negeri Paman Sam, sebab dirinya beranggapan Huawei mendukung bisnis mereka.

BACA JUGA:  Spesifikasi, Fitur Unggulan dan Harga Resmi Samsung Galaxy A70

“Kami tidak ingin melakukan ini tapi kami tidak punya solusi lain, tidak ada pilihan lain,” papar Yu, seperti yang dilansir dari CNBC, Kamis (23/5/2019).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.