RI-AS Tandatangani Kesepakatan Kerja Sama Bidang Kesehatan

0
23
RI AS Tandatangani Kesepakatan Kerja Sama Bidang Kesehatan
Menteri Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Amerika Serikat, Alex Azar, dan Menteri Kesehatan Indonesia, Nina Moeloek / Foto : Kedubes AS

BENARAJA.COM, JENEWA – RI-AS Tandatangani Kesepakatan Kerja Sama Bidang Kesehatan. Seperti yang dilaporkan, Indonesia dan Amerika Serikat (AS) telah melakukan tanda tangan kerjasama pada bidang kesehatan. Kesepakatan tersebut telah diteken oleh Menteri Kesehatan Indonesia, Nina Moeloek dan Menteri Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Amerika serikat (AS), Alex azhar pada sela-sela majelis Kesehatan Dunia di Jenewa, Swiss.

Dijelaskan oleh Duta AS untuk Indonesia, Joseph Donovan Jr, adanya kesepakatan kerjasama tersebut mempunyai durasi selama lima tahun. Hal tersebut juga bsia dijadikan gambaran bahwa kerjasama yang diterapkan sangatlah luas. Jadi bisa dikatakan bahwa tanda tangan kerja sama tersebut merupakan pencapaian yang baik yang bisa diraih oleh kedua negara.

Pada penjelasan lebih lanjut, Donovan juga menyebut bahwa kerja sama tersebut terbilang sangatlah penting, dan bisa dijadikan contoh dari dalamnya kemitraan selama kurang lebih 70 tahun antara Indonesia dan Amerika Serikat (AS). Khususnya untuk menangani isu yang terjadi secara regional ataupun global.

“Kesepakatan kerja sama yang penting ini adalah contoh lain dari betapa luas dan dalamnya kemitraan selama 70 tahun antara Indonesia dan AS dalam menangani isu-isu regional dan global,” ucap Donovan, menurut yang dilansir dari siaran pers Kedutaan Besar AS di Jakarta, dikutip dari Sindonews pada Rabu (29/5/2019).

Seperti yang dijelaskan oleh Kedutaan Besar AS, kesepakatan tersebut akan mendorong adanya kerja sama bilateral pada delapan bidang utama. Termasuk didalamnya ialah mengenai kesiapsiagaan darurat, pencegahan penyakit, serta juga melakukan penelitian dan pengembangan dunia kesehatan.

Bisa dijabarkan bahwa dengan kesepakatan tersebut, akan terbentuk pula Komite Kerja Sama Kesehatan, yang nantinya akan diketuai oleh Wakil Menteri Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS serta mengaitkan Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Indonesia.

BACA JUGA:  Perempuan Rohingya Ditembak Mati Oleh Aparat Bangladesh

Meski terbilang diperbarui, namun penandatanganan kesepakatan tersebut adalah salah satu puncak dari perundingan cermat yang dilakukan selama bertahun-tahun. Tepatnya oleh kedua pihak yang diantaranya ialah Indonesia dan AS. Dengan demikian bisa dipastikan pula akan adanya keterikatan semakin erat, tepatnya dalam bermitra di dunia kesehatan secara global.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.